From Zero to Hero: Kita Bisa Melakukan Pengurangan Emisi Setiap Hari - Robin Wijaya - Artikel

Administrator
147 Comments
2023-07-06

Dalam kehidupan sehari-hari yang sibuk, mengurangi jejak karbon mungkin terdengar seperti tugas yang menakutkan. Namun, dengan panduan praktis yang tepat, setiap langkah kecil yang kita ambil dapat membuat perbedaan besar dalam perjuangan melawan perubahan iklim maupun isu lingkungan lainnya.

 

Bicara tentang melakukan tindakan, kita seringkali terjebak pada upaya-upaya skala besar yang terasa berat dan membebankan. Impian kita tentang bumi yang sehat begitu besar, sehingga kita berpikir perlu ada tindakan besar juga untuk mewujudkannya. Big steps ini yang pada akhirnya sering menjadi wacana-wacana tanpa realisasi. Padahal nyatanya, banyak aksi kecil yang jika dilakukan terus-menerus justru dapat memberikan dampak yang begitu besar. Kita hanya memerlukan informasi yang cukup dan sebuah konsistensi dalam melakukannya.

 

Mengenal kalkulator karbon rupanya telah menyadarkan saya bahwa dunia tak selalu perlu pahlawan super untuk menjaganya. Manusia-manusia kecil seperti kita, yang sering diguyoni dengan remah-remah rengginang atau serpihan debu, ternyata bisa menyumbang angka perubahan yang signifikan. Hal ini saya sadari ketika mencoba menghitung hasilan emisi karbon individu melalui jejakkarbonku.id. Mengejutkan, saya mendapatkan angka 3,52 TonCO2-Eq/Tahun/Kapita dari rata-rata Indonesia yang berada di angka 3,62 TonCO2-Eq/Tahun/Kapita. Sungguh sebuah prestasi yang menyedihkan.

 

 

Hal itu kemudian mendorong saya untuk menelisik. Sebetulnya, apa yang telah saya lakukan sampai menjadi bagian dari kebanyakan orang yang menyumbang emisi untuk bumi kita tercinta ini? Dan ternyata, semua ada dalam pilihan hidup yang kita lakukan sehari-hari, atau saya menyebutnya sebagai gaya hidup yang sering luput untuk disadari.

 

Ada berbagai hal mulai dari pilihan transportasi untuk mobilitas, penggunaan energi di rumah, produksi sampah domestik, pilihan konsumsi makanan, sampai penggunaan teknologi dalam keseharian yang ternyata mempengaruhi capaian emisi karbon individu yang kita hasilkan. Well, itu semua umum terjadi, bukan? Nah, bagaimana kalau itu jugalah yang kita jadikan fokus perubahan, alih-alih memikirkan sesuatu yang besar dan sulit seperti kampanye, aksi lingkungan berskala besar, atau tindakan lainnya. Bagaimana kalau kita mulai dari langkah kecil pada diri kita? Tentunya from zero to hero tak akan lagi menjadi isapan jempol belaka.

 

Mari kita mulai dengan transportasi. Hal ini memiliki peran yang signifikan dalam menyumbang emisi karbon yang merugikan lingkungan. Namun, dengan mengadopsi langkah-langkah cerdas dalam mobilitas sehari-hari, kita tentu dapat berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon tersebut. Salah satu tindakan yang dapat diambil adalah dengan menggunakan kendaraan berbagi atau carpooling. Dengan berbagi kendaraan dengan orang lain yang memiliki tujuan yang sama, kita dapat mengurangi jumlah kendaraan di jalan, dan akibatnya, mengurangi emisi karbon. Ngomong-ngomong, ada satu komunitas bernama Nebengers yang sudah lama hadir dengan solusi jitu macam ini loh. Anggotanya bahkan sudah ribuan dan dari berbagai lapisan usia dan latar belakang profesi. Jadi menggunakan kendaraan berbagi sepetinya bukan hal buruk untuk dilakukan, bukan?

 

Selain itu, memilih bersepeda atau berjalan kaki untuk perjalanan pendek juga merupakan pilihan yang ramah lingkungan. Tindakan ini bahkan tidak hanya mengurangi emisi karbon, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi diri kita sendiri. Atau, menggunakan transportasi umum agar mengurangi jumlah kendaraan pribadi di jalan. Well, ada opsi lain sih, tapi belum saya lakukan dan sepertinya belum terlalu marak juga, yaitu penggunaan mobil atau sepeda motor listrik. Bagaimana dengan kamu? Apakah opsi terakhir menjadi salah satu pilihan kamu?

 

Langkah berikutnya adalah mengurangi penggunaan energi di rumah secara efektif. Bagian ini sebetulnya mudah tetapi cukup tricky karena berkaitan dengan budget dan pengetahuan kita seputar listrik dan elektronik. Karena terkadang, bagi ibu rumah tangga atau kaum hawa, pemilihan alat rumah tangga memang tidak sesederhana kelihatannya. Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain mengganti lampu pijar dengan lampu LED hemat energi, menggunakan peralatan elektronik dengan label Energy Star, dan mematikan peralatan ketika tidak sedang digunakan. Nah, kalau punya cukup budget, kamu juga bisa mempertimbangkan pemanfaatan energi surya dengan memasang panel surya untuk menghasilkan listrik yang bersih dan hemat energi.

 

Mengintegrasikan prinsip zero waste dalam kehidupan sehari-hari merupakan langkah penting berikutnya dalam upaya mengurangi jejak karbon kita. Salah satu tindakan yang dapat diambil adalah dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Misalnya, menggunakan botol minum yang dapat diisi ulang, membawa tas belanja sendiri, dan menghindari penggunaan sedotan plastik. Selain itu, pengolahan limbah organik juga menjadi aspek penting dalam mengurangi sampah. Dengan melakukan kompos dari sisa makanan atau menggunakan metode pengomposan lainnya, kita dapat mengurangi limbah organik yang akhirnya berakhir di tempat pembuangan akhir. Mendaur ulang juga merupakan langkah yang efektif dalam prinsip zero waste. Memisahkan dan mendaur ulang kertas, plastik, logam, dan kaca membantu mengurangi limbah yang berakhir di tempat pembuangan sampah. Selain itu, kita juga dapat mempertimbangkan untuk membeli produk dengan kemasan yang lebih ramah lingkungan, seperti produk dengan kemasan kertas atau penggunaan kemasan yang dapat didaur ulang.

 

Jika tiga hal di atas dirasa sudah mulai memberikan dampak, bagaimana jika saya katakan bahwa pilihan makanan kita sehari-hari pun juga sama berdampaknya? Memperbanyak konsumsi makanan nabati dengan memilih lebih banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan dalam pola makan kita dapat mengurangi dampak lingkungan yang dihasilkan oleh produksi daging dan produk olahannya. Jika memungkinkan, cobalah untuk membeli produk organik dari petani lokal. Selain mengurangi penggunaan pestisida, jarak tempuh yang ditempuh oleh makanan sebelum sampai ke meja kita juga dapat mengurangi emisi karbon. Selanjutnya, mengurangi pemborosan makanan juga merupakan langkah penting. Merencanakan makanan dengan bijak, menyimpan sisa makanan dengan benar, dan mengonsumsi kembali makanan yang tersisa dapat mengurangi limbah dan emisi karbon yang dihasilkan dari produksi makanan yang tidak dimakan. Terakhir, dalam memilih sumber protein, memilih ikan yang dilestarikan dan diperoleh dari sumber yang berkelanjutan adalah pilihan yang baik.

 

Beberapa hal yang telah saya sebutkan tadi tampaknya memang terlalu sederhana. Namun percayalah, sederhana tak selalu berarti mudah untuk dilakukan. Seringnya, perubahan membutuhkan konsistensi dalam keseharian. Upaya kita untuk melakukannya hari demi hari, bertahan untuk melakukannya lagi walaupun jenuh atau tergoda oleh pilihan lain, pada akhirnya akan membuahkan hasil yang manis. And at the end of the day, menjadi pahlawan bagi bumi bisa kita lakukan mulai saat ini. Apakah kamu sudah siap?


#jejakkarbonku.id #iesr #generasienergibersih

LINK ASLI ARTIKEL


Artikel Yang Berhubungan



Podcast



Video



Tags

Share

147 Komentar

prajahara4@gmail.com ( 2023-07-07 08:05:46 )

Simple emang tipsnya, tapi butuh konsistensi. Ini yang susah. Wkwkwk

Wildan Budiman ( 2023-07-07 08:29:04 )

Betul banget pas baca kalimat ini: Beberapa hal yang telah saya sebutkan tadi tampaknya memang terlalu sederhana. Namun percayalah, sederhana tak selalu berarti mudah untuk dilakukan. Itulah kenapa disekolahan aja mesti kampanye kebersihan tuh berkali2 dalam setahun

Mr Homeroom ( 2023-07-07 10:06:45 )

Yass!!! We need this movement. Totally agree with this writing!

Sadhu Tama ( 2023-07-07 15:55:49 )

Semoga ide soal transportasi didukung dengan pelayanan yang maksimal dari pemerintah. Karena sebetulnya masyarakat Indo sekarang mulai ngerti pentingnya jaga alam dan lingkungan. Apalagi makin sering ada bencana.

mudilanidede@gmail.com ( 2023-07-07 16:37:57 )

Setuju! Langkah-langkahnya praktis dan pastinya memang harus mulai dibiasakan supaya jadi habit

sadajiwara@gmail.com ( 2023-07-07 18:06:49 )

Solar panel oke, tapi mesti disubsidi pemerintah dong kayak motor listrik sekarang. Btw, artikelnya enak dibaca. Ringan dan simpel.

Benny Jeremy ( 2023-07-07 18:41:15 )

Goodluck Mas Robin. Hasil tesku diatas rata2 Indonesia. Padahal aku tinggal dikampung. Gak jaminan kampung bebas polusi ya.

jenny.vdl93@gmail.com ( 2023-07-07 18:53:22 )

Thanks for the inspiration, karena pengurangan emisi karbon mulai dari kita melalui hal2 kecil.

Ali Akbar ( 2023-07-08 05:12:58 )

Betul banget. Kalo mau bisa running ya emang musti dari hal2 kecil sih. Kalo upaya2 gede juga ujung2nya suka jadi omdo (omong doang).

kotaklangitindonesia@gmail.com ( 2023-07-08 09:10:55 )

Solusi memang baiknya harus sederhana dan applicable. Jadi bisa dijalankan.

Beto ( 2023-07-08 12:09:29 )

Baru tau pilihan makanan juga menyumbang emisi karbon ya

Asnani Erina ( 2023-07-08 19:45:57 )

Couldn't agree more. One thing that we need is only consistency. Absolutely great writing.

wirdaprameswari@gmail.com ( 2023-07-09 07:13:26 )

Aku suka penguraiannya. Ringan, mudah dipahami

Martinjun Sulis Eka Wati ( 2023-07-09 07:24:04 )

Tips yang sangat bermanfaat. Thanks Pak Guru :)

kanayaamri@gmail.com ( 2023-07-09 07:28:40 )

Josss!!! Lancar terus ya Bang nulisnya

agungpangestu@gmail.com ( 2023-07-09 08:10:29 )

Ayo migrasi ke motor listrik. eh tapi denger2 bahan baku baterainya juga ninggalin jejak karbon, ya?

Asher Ignatia ( 2023-07-09 08:18:49 )

Setuju banget bro. Walau gw kayaknya salah satu biang polusi. Wkwkwk

Fahmi ( 2023-07-09 08:29:10 )

Lumayan lah. Daripada kebanyakan data tapi minim solusi kayak artikel yg lain

angelinesetiawan08@gmail.com ( 2023-07-09 08:49:53 )

worth to read

handoyo.official@gmail.com ( 2023-07-09 09:50:53 )

Small power but great responsibility

williamhansen@gmail.com ( 2023-07-09 13:19:31 )

Penjabaran yang menarik. Cuma agak kurang setuju kalo ide besar seperti kampanye sebetulnya juga harus sama digalakkannya. Karena orang dapat info dari situ.

Fatin Santoso ( 2023-07-09 13:21:07 )

menarik

thomas9797@gmail.com ( 2023-07-09 13:24:38 )

well said... catatan ya thor, zero waste udah banyak digalakkan juga kok di pesantren2

Raya Dermawati ( 2023-07-09 13:31:40 )

Transportasi umum untuk di daerah2 masih sangat terbatas. Malah sepertinya daerah lebih banyak konsumsi kendaraan pribadi sekarang

anakgunung217@gmail.com ( 2023-07-09 13:34:28 )

Di gunung aja pada ngerokok. Apa gak polusi tuh

milarolivia@gmail.com ( 2023-07-10 12:50:46 )

All those ideas are good, except our willingess to do

Rizky Antoro ( 2023-07-10 12:53:52 )

Ditambah referensi yang bagus2, tulisannya musti lebih ciamik

112ruzezad@gmail.com ( 2023-07-10 12:58:48 )

Semangat ya bang. Semoga menang tulisannya

rainermaxis@gmail.com ( 2023-07-10 12:59:52 )

Well said kak Robin. Mudah dimengerti

cicisialek00@gmail.com ( 2023-07-10 13:01:53 )

Tipsnya agak kurang relatable buat kami yang tinggal di kampung. Apalagi yang soal transportasi umum. Mau naik sepeda juga lelah.

Samuel Halim ( 2023-07-10 13:04:52 )

Ayo bersepeda ke tempat kerja dan belanja dari petani lokal biar murah

kar.1sgo@gmail.com ( 2023-07-10 13:06:35 )

Good luck sir. Hope you win again

laodi_met@gmail.com ( 2023-07-10 13:08:31 )

"And at the end of the day, menjadi pahlawan bagi bumi bisa kita lakukan mulai saat ini"

Soeprapto Gee ( 2023-07-10 13:14:07 )

substansi dari ide2 yang diusulkan cukup selaras, tapi menurut saya masih segmented. contoh beli produk dari petani lokal, rasanya agak sulit untuk masyarakat kota yang akhirnya beli di supermarket juga

salsabilakurniawati04@gmail.com ( 2023-07-12 21:04:20 )

Great writing tho

Dea Astra ( 2023-07-12 21:06:40 )

Kak Bin, semoga tulisannya memikat para juri ya. Amin.

suripandhu_made@gmail.com ( 2023-07-12 21:08:02 )

Semoga apa yang kau bagikan bermanfaat bagi orang banyak kawan

Fenty Asnath ( 2023-07-12 21:11:18 )

Yang paling krusial sebetulnya adalah awareness masyarakat kita sendiri

Ananda Thian ( 2023-07-12 21:14:28 )

Thanks Mas Robin udah bawa Nanda ke sini. Jadi nyobain kalkulatornya juga kan. Hehehe

grateful_everyday@gmail.com ( 2023-07-12 21:16:28 )

Ayo Kuwati Squad ngumpul disini. Kita dukung pak ketu kita biar menang

zeinrozzykin ( 2023-07-12 21:18:17 )

Pak Robin tulisannya bermakna sekali

A. Widya ( 2023-07-12 21:21:30 )

Semangat Pak Robin. Gank Kuwati siap mendukung

vannya_adilla@gmail.com ( 2023-07-12 21:23:44 )

Bicara tentang melakukan tindakan, kita seringkali terjebak pada upaya-upaya skala besar yang terasa berat dan membebankan. Impian kita tentang bumi yang sehat begitu besar, sehingga kita berpikir perlu ada tindakan besar juga untuk mewujudkannya. ---> betul sekali. setuju sama kalimat ini

Aryanti ( 2023-07-12 21:25:46 )

perubahan bukanlah sebuah perubahan tanpa terjadinya perubahan. itu yang bisa kupetik

Fika Arum ( 2023-07-12 21:28:05 )

Nggak salah memang eskul ku punya bank sampah dan akhirnya jadi percontohan bagi eskul lain. sejalan dengan isi artikel ini

purnamasari.banyubiru@gmail.com ( 2023-07-13 05:40:23 )

Artikelnya lugas

patriotbungabangsa@gmail.com ( 2023-07-13 05:43:17 )

ini lebih seperti opini sebetulnya, tapi realistis dan mudah diaplikasikan

mejikuhininiu0908@gmail.com ( 2023-07-13 05:46:20 )

Saya udah nyoba kalkulatornya. Peringkatnya jauh sekali ya punya saya.

Wisa Nuraga ( 2023-07-13 05:48:55 )

Ada banyak cara yang lebih praktis selain ini. Tapi ini sudah cukup oke. Nggak effortless dan nggak sekedar ribut ini ono kucrut tentang bumi,

Akmarina Khairunnisa ( 2023-07-13 05:50:35 )

Harus dibiasakan ini, kalo nggak nanti jadi wacana saja

akusiapa47890@gmail.com ( 2023-07-13 05:52:03 )

Mantap masbro! Yuk mampi ke tempat saya juga buat kampanye

Alya Rohana ( 2023-07-13 05:53:45 )

Best! I've voted for you Pak

osis.smkep3@gmail.com ( 2023-07-13 05:56:43 )

Artikel yang sangat bermanfaat. Bravo!

itsamarshidiq@gmail.com ( 2023-07-13 05:58:42 )

Penjelasannya menarik dan mudah dipahami

Papa Beruang ( 2023-07-13 06:02:03 )

Teruslah membanggakan gank Kuwati Pak!

alfonso.patriotbangsa@gmail.com ( 2023-07-13 06:04:26 )

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Tapi memang ga semua orang mau dan siap untuk terjun langsung. Semoga banyaknya artikel disini bisa menginspirasi orang banyak ke depannya agar mau bergerak dan bertindak

smkep3osis.official@gmail.com ( 2023-07-13 06:06:10 )

Kita harus percaya diri dengan apa yang kita kerjakan, agar memberikan hasil yang baik dan maksimal

Ananda Surya ( 2023-07-13 08:16:27 )

Cukup menginspirasi, namun akan lebih baik jika ditambahkan progress dari ide yang sudah dijabarkan

caturanggidisini@gmail.com ( 2023-07-13 08:18:04 )

marvelous!

anisabee ( 2023-07-13 08:21:06 )

Semoga bisa jadi terapi yg baik ya dengan menulis opini ini. Dan kita2 juga terinspirasi untuk melakukan perubahan ini

Candra Prasetiatama ( 2023-07-13 08:22:42 )

Mengenal sources yang kita punya tentu dapat membantu. Good job!

cheernovita ( 2023-07-13 08:29:01 )

Nice writing

boo_project@gmail.com ( 2023-07-13 08:31:50 )

Ada banyak ide sejenis yang juga dipaparkan pada artikel lain, selain artikel ini. Walau terasa seperti opini, tetapi idenya memang realistis dan mudah diterapkan

senantiasabersamamu100398@gmail.com ( 2023-07-13 08:33:27 )

Kenapa harus teknologi sih? Bukannya malah berbahaya ya?

alfalinorizky ( 2023-07-13 08:34:57 )

Mudah dipahami. Gaskeun!

pangaribuan ( 2023-07-13 08:36:52 )

Well it's good to read your writing. Hope everyone will read this too

beesalrighttea@gmail.com ( 2023-07-13 08:38:46 )

So far banyak hal menarik dari artikel2 ini. Jujurly cuma baca beberapa aja yang komennya rame, karena pengin tau apakah isinya semenarik itu. Yang ini, lumayan lah

Cidev ( 2023-07-13 08:40:43 )

Aku dan tim meluncur kesini untuk mendukung Mas Robin :)

udjangnotudang@gmail.com ( 2023-07-13 08:43:14 )

Spectacular!!!

Shaereen ( 2023-07-13 08:45:00 )

solusinya kayak gampang gitu ya. tapi yg penting orang2nya sih

Gustian ( 2023-07-13 12:30:28 )

Sistematis dan mudah dipahami

wardhaniekapuspita@gmail.com ( 2023-07-13 12:32:34 )

Perlu dikaji lagi soal kendaraan listrik deh. Beberapa artikel banyak nih yang bahas ini.

Nagara Syukur Abdillah ( 2023-07-13 12:34:29 )

Kuncinya apa pemirsah? Konsistensi. Ini yang pada nulis artikel bisa konsisten nggak? Wkwkwk

kupukupugunung@gmail.com ( 2023-07-13 12:36:20 )

Faktanya, banyak orang masih jajan pake styrofoam sama plastik. Apa nggak merusak lingkungan tuh?

Runah ( 2023-07-13 12:38:12 )

Pilihan transportasi di tempatku nggak banyak. Akhirnya ya pakai kendaraan pribadi. Jadi agak susah kecuali kita bike to school yg jaraknya dekat

akhidirman.baru@gmail.com ( 2023-07-13 19:05:55 )

semoga beruntung Mas Robin

agie_prama ( 2023-07-13 19:07:19 )

Menginspirasi lewat tips tips yang praktis dan mudah diterapkan

delvinopratamaputra@gmail.com ( 2023-07-13 19:10:12 )

Moga menang Mr Robin, tulisannya keren

putradelvinoofficial@gmail.com ( 2023-07-13 19:14:21 )

Best! Best! Best!

Ayodhia ( 2023-07-13 19:15:33 )

Selalu suka dengan penuturan Mas Robin dalam tulisannya. Fresh, lugas, mudah dipahami dan ringan.

Pratama Delvino Putra ( 2023-07-13 19:16:55 )

Go Mr Robin. Menang ya sir!

wildanfirdausyahmad@gmail.com ( 2023-07-13 19:17:59 )

Siap mendukung Mr Robin!

smile4me_icha@gmail.com ( 2023-07-13 19:19:39 )

Kerangka tulisan oke. Tipsnya juga bagus dan simpel banget. Kayaknya untuk eksekusi aku cuma butuh niat sama kemauan aja. wkwkw

Khabibah Husni ( 2023-07-13 19:22:17 )

Bagi kami yang memang sudah menggalakan program penyuluhan di kelas-kelas dan bank sampah, memang yang utama adalah kesadaran dari siswa. Nggak mudah mengubah kebiasaan dan pola pikir anak-anak yang sudah bertahun-tahun punya habit yang terbangun. Ditambah dukungan dan kesadaran dari masyarakat juga masih sangat rendah

Mai Ciha ( 2023-07-13 19:24:03 )

Wish you luck Mr

ino_inocent@gmail.com ( 2023-07-13 19:25:12 )

Hai buddy, hope you get your best in this competition

ngscitraraya@gmail.com ( 2023-07-13 19:26:17 )

Ndak kaleng-kaleng memang tulisan rekan kita yang satu ini. Selalu on point

Dewantari ( 2023-07-13 19:28:08 )

Di beberapa kalimat, penggunaan kosakata cukup menggugah. Beberapa tips terasa panjang dan beberapa lainnya begitu singkat sehingga merasa penjabarannya masih bisa lebih dimaksimalkan. But overall, it's good.

Amar ( 2023-07-13 19:33:20 )

Kuwati squad, mari kumpul disini dan dukung pak ketua

Sulis Eka ( 2023-07-13 19:34:39 )

Siap sedia!

achmadnurdiansyah@gmail.com ( 2023-07-13 19:36:11 )

well done, narasinya cuakep dan berimbang

Christian ( 2023-07-13 20:32:49 )

Best article!

ezarsatria@gmail.com ( 2023-07-13 20:33:48 )

Perlu aksi nyata untuk mewujudkan ini semua memang

Ferriady ( 2023-07-13 20:34:53 )

Apa yang disampaikan sederhana tapi cukup menggugah

akad_barbaretos@gmail.com ( 2023-07-13 20:35:55 )

Proud to be Indonesian who concern on the environment issue nowadays. This event is totally great

Mutmainah ( 2023-07-13 20:37:45 )

semangatnya boleh, tinggal tindakan yang konsisten dan berkelanjutan. semangat berbagi Kak Bin...

bhagonk_bhegenk@gmail.com ( 2023-07-13 20:39:26 )

Tipsnya agak kurang cocok buat yang tinggal di kampung. Kemana-mana jauh ngab. Kudu pake motor akhirnya

Legolas ( 2023-07-13 20:40:54 )

Setuju banget, harus didukung nih

paskibramandiraerajasa@gmail.com ( 2023-07-13 20:43:07 )

Full support from us our friend!

Mandy Kasustra ( 2023-07-13 20:44:47 )

Pak Ketua... semoga artikel ini menarik hati para juri ya....

Wahyudi ( 2023-07-13 20:46:30 )

Alhamdulillah bisa mensupport kawanku dari gank kuwati ini

fitri widowati ( 2023-07-13 20:48:53 )

walaupun permasalahan jejak karbon ini terlihat rumit, sebetulya solusinya bisa dari cara yang mudah. bahkan saking mudahnya kadang orang nggak peduli. itulah perlunya sebuah kesadaran

fitri widowati ( 2023-07-13 20:48:53 )

walaupun permasalahan jejak karbon ini terlihat rumit, sebetulya solusinya bisa dari cara yang mudah. bahkan saking mudahnya kadang orang nggak peduli. itulah perlunya sebuah kesadaran

fitri widowati ( 2023-07-13 20:48:53 )

walaupun permasalahan jejak karbon ini terlihat rumit, sebetulya solusinya bisa dari cara yang mudah. bahkan saking mudahnya kadang orang nggak peduli. itulah perlunya sebuah kesadaran

marjantohalim@gmail.com ( 2023-07-13 20:51:05 )

Perlu peran kita semua untuk maju. Good job sir

anakbumi9892@gmail.com ( 2023-07-13 20:52:30 )

Permasalahan yang relevan

Dewi ( 2023-07-13 20:53:26 )

Paling susah yang makanan organik he he he

Lestari Arini Windy ( 2023-07-13 20:55:21 )

Susbtansi masalahnya sudah sangat tepat. Memanglah kita semua ini perlu bergerak bersama untuk mencapai tujuan soal permasalahan lingkungan ini. Ayo para guru, kita bergerak maju

pramukagapurakasih@gmail.com ( 2023-07-13 20:57:15 )

Super sekali ide-idenya

osisgapurakasihofficial@gmail.com ( 2023-07-13 20:59:46 )

Sederhana tapi sangat baik untuk diterapkan dalam keseharian

Zevo ( 2023-07-13 21:00:41 )

Brilian!

paskibra5muarojambi@gmail.com ( 2023-07-13 21:04:07 )

From great power comes great responsibility

Corps Penabur ( 2023-07-13 21:04:56 )

Mantap jiwa!

Budhi ( 2023-07-13 21:07:44 )

Salam satu semangat. Semoga karyamu menjadi juara kawan

Restu Agung Hernandi ( 2023-07-13 21:10:13 )

Wah udah rame lapaknya nih Koh. Yakin menang dah.

cahbagus007@gmail.com ( 2023-07-13 21:10:42 )

insya Allah apa yang disampaikan berguna dan bermanfaat buat banyak orang

Resimen Eka Patria ( 2023-07-13 21:12:34 )

Pilihan kata yang menggugah, terutama di bagian ending dari tulisan ini yang mampu mengajak kita untuk melakukan seperti apa yang disampaikan

WELA ( 2023-07-13 21:16:49 )

Pemaparan-pemaparan yang ada pada setiap artikel sepertinya memang terasa seragam. Satu hal saya meyakini bukan karena ketidak kreatifan para penulisnya, tetapi bisa jadi karena memang solusi-solusi yang terjadi sesungguhnya memang seputar itu-itu saja. Lalu kenapa disajikan lagi? Bisa jadi karena kesadaran masyarakat kita sendiri yang masih sangat kurang tentang permasalahan ini

Mahendra ( 2023-07-13 21:45:05 )

Tulisan tanpa data lengkap hanyalah sebuah opini

sastrawejayanakuri@gmail.com ( 2023-07-13 21:45:55 )

Menginspirasi sekali

Ajudan 190902 ( 2023-07-13 21:47:35 )

Idenya bisa nih dijalankan oleh kita-kita dalam kehidupan sehari-hari

anaksetan100@gmail.com ( 2023-07-13 21:49:28 )

Bertambahnya umur dunia, kita emang perlu memikirkan tempat kita tinggal ini. Atau umur dunia segera berakhir

SINGA GUNUNG ( 2023-07-13 21:51:04 )

Keren lah om kita satu ini

Supriadi ( 2023-07-13 21:53:23 )

Harus dijaga. Yuk mulai dari diri kita sendiri dulu. Baru orang lain mengikuti

anaksenja20@gmail.com ( 2023-07-13 21:53:54 )

Sip! Yakin menang punya kakak

Eki Dwi Oktoriza ( 2023-07-13 21:57:02 )

Ternyata banyak yang kayak saya. Baru tau ada gini-ginian

rumahsinggahtanpamu@gmail.com ( 2023-07-13 21:57:36 )

Apa yang dituliskan mesti menjadi sesuatu yang tertanam dengan baik. Mari teman2 kita melangkah melakukannya bersama2

TANTO ( 2023-07-13 21:59:33 )

Setelah membaca beberapa artikel, sepertinya memang semua tulisan berbentuk opini. Jadi semuanya hanya menyampaikan saja langkah2nya bagaimana. Cuma disayangkan jarang yang menyertakan foto sehingga saya mempertanyakan apakah saran2 yang diberikan itu sudah pernah dipraktekan? Kalau belum sayang sekali kalau akhirnya akan jadi wacana saja

dokumenosisgk@gmail.com ( 2023-07-13 22:01:22 )

bravo mr!!!!

Pembaris Muda ( 2023-07-13 22:03:00 )

Berjuang untuk teman baik kami dalam kompetisi ini

Istrinya Suga ( 2023-07-13 22:08:49 )

Heyho, nggilani sih ini mah. Mr kalo nulis emang nggak ada obat. Enak banget bacanya euy. Nggak cuma menggugah, tapi juga meaningful

capekmikirdotcom@gmail.com ( 2023-07-13 22:10:10 )

Kak Bin sorry baru vote. Yang penting aku ikutan komen ya. wkwk

50K4 ( 2023-07-13 22:12:23 )

Banyak yang gundah pas dibilang pilih transportasi umum

HANAMI ( 2023-07-13 22:14:21 )

Aku diseret untuk ikut memberikan komentar di lapak ini. Padahal aku sudah baca artikel aslinya di Kompasiana. To be honest, as newbie di Kompasiana, tulisannya asyik

thatfightingspirit@gmail.com ( 2023-07-13 22:17:25 )

Setelah baca ini, kayaknya aku mau nyuruh anak2 komunitas kalo ngumpul bawa lunch box sendiri deh. Sialan nih emang Mas Robin

sekolahgk_inventarisosis@gmail.com ( 2023-07-13 22:19:05 )

Support Mr for Win

Senandung Hujan ( 2023-07-13 22:21:03 )

Apapun itu ide maupun solusi yang disodorkan untuk para penulis, tetap kunci utama adalah kesadaraan dari setiap individu untuk melakukan. Karena kita sejatinya adalah agen perubahan. Tanpa baca artikel2 ini pun kalau kita mau melakukannya dengan kesadaran sendiri. Kita pasti bisa.

Raden Bagus Alfian ( 2023-07-13 22:24:53 )

Mantap

rujakmangga2019@gmail.com ( 2023-07-13 22:27:48 )

Memanggil bala bala, yang baca chat gue, ayo dukung mister

Tjianmoy ( 2023-07-13 22:31:34 )

Saatnya membuat perubahan berarti. Thanks Mas Robin

osisgk2023@gmail.com ( 2023-07-13 22:33:07 )

Perubahan is a must

gaharu ( 2023-07-13 22:34:30 )

Selalu semangat menulis sir. Kita siap mendukung

Eka Tijpta ( 2023-07-13 22:43:10 )

Kuwati squad kok sepi2 aja nih

Marsha ( 2023-07-13 22:47:14 )

Wah aku enjoy banget bacanya. Memang nggak banyak data yang dimasukin ke sini. Tapi jadinya ringan banget artikelnya. Jangan salah ya, tetap berisi kok walaupun ringan

ignatiusashadara@gmail.com ( 2023-07-13 22:49:07 )

Pada ngomong substansi, itu apa sih?

Yosi Pertiwi ( 2023-07-13 22:51:11 )

save the best for the last. cuma baca beberapa artikel aja sih. mostly emang yang komennya udah banyak. hehehehe. cuma pengin tau aja kualitas artikelnya seperti apa. this one is not bad. cuma menurutku ada bberapa yang lain yang juga menarik dan worth to read

bagassatriapaska@gmail.com ( 2023-07-15 13:20:34 )

Hope this one to win
 

© Copyright 2021, All right reserved by IESR


Loading ...