Kenapa Berkomitmen Mengurangi Jejak Karbon Penting

Administrator
7 Comments
2023-04-12

Belakangan ini, masalah krisis iklim jadi pembahasan utama bukan cuma di Indonesia tapi juga dunia. Salah satu penyebab utamanya adalah, peningkatan jumlah emisi karbon. Hasil dari aktivitas kita sehari-hari, seperti transportasi, konsumsi pangan, sampai deforestasi. 


Untuk kita, kita perlu untuk melakukan komitmen dalam mengurangi jumlah jejak karbon. Mungkin di antara kamu pernah mencoba menggunakan karbon kalkulator di platform JejakKarbonku.id. Di situ kamu ditanya seberapa sering menggunakan kendaraan, kendaraan jenis apa yang kamu gunakan. Kalau kamu pergi menggunakan pesawat, memilih tiket bisnis atau ekonomi. Penggunaan alat-alat rumah tangga yang ada di rumah kamu. Sampai makanan apa aja sih yang kamu konsumsi. Itu gambaran, aktivitas-aktivitas yang bisa meninggalkan jejak karbon untuk bumi. 


Penggunaan kalkulator karbon saat ini sudah mulai populer di kalangan orang yang ingin mengurangi jejak karbon. Supaya mereka bisa mentrack seberapa banyak karbon yang mereka hasilkan sehari-hari, dan komitmen apa yang akan mereka ambil untuk menggantikan emisi yang dihasilkan.


Orang dapat menggunakan alat ini untuk mengidentifikasi area di mana mereka dapat mengurangi emisi karbon mereka dan melakukan perubahan dalam aktivitas sehari-hari mereka.


Masyarakat perlu memahami pentingnya mengurangi jejak karbon mereka dan bersedia melakukan perubahan dalam aktivitas sehari-hari. Komitmen pengurangan emisi individu ini adalah langkah nyata kita untuk turut serta menjaga lingkungan dari ancaman perubahan iklim.


Sampai saat ini sudah ada 17 ribu orang yang sudah menghitung emisi mereka dan sebagian sudah mau mengambil komitmen untuk mengurangi jejak karbon mereka di platform JejakKarbonku.id. Terimakasih kamu sudah mau jadi bagian dari sebuah perubahan. 


Banyak orang mulai membuat perubahan melalui aktivitas mereka sehari-hari. Hal-hal kecil seperti mulai menggunakan transportasi umum daripada mengemudi kendaraan pribadi, makan daging lebih sedikit, dan menggunakan tas yang dapat digunakan kembali daripada tas plastik. Bisa membantu menyelamatkan bumi dari krisis iklim.


Misalnya kita bisa mulai mencoba mengganti lampu yang ada di rumah dengan lampu LED. Sebab LED menggunakan lebih sedikit energi listrik daripada jenis lampu lainnya. Ini artinya penggunaan LED bisa menghemat penggunaan listrik. 


Kami juga ingin tahu cerita kamu dalam melakukan komitmen untuk mengurangi jejak karbon dari aktivitas sehari-harimu. Kamu bisa tulis di kolom komentar pengalamanmu dalam mengurangi emisi pribadi kamu ya.


Gak usah khawatir, kalau kamu belum pernah menghitung jejak karbon dari aktivitas sehari-hari, kamu bisa langsung hitung di sini https://jejakkarbonku.id/kalkulator

Setelah selesai menghitung nanti, di laman hasil bisa klik “ambil komitmen” atau “lihat komitmen” ya untuk melihat berapa besaran emisi karbon yang bisa kamu kurangi termasuk pilihan aktivitas pengurangan apa saja yang cocok untuk kamu.



Artikel Yang Berhubungan



Podcast



Video



Tags

Share

7 Komentar

antares merah ( 2023-04-14 12:42:11 )

Iya nih, aku baru mulai rutin pakai kendaraan umum, nyaman juga ternyata transportasi massal yang tersedia sekarang Ig: @nopayik

Anggara Bayu Pratama ( 2023-04-17 15:08:55 )

Baru tau, kalo peralatan rumah tangga nyumbang emisi juga. Mulai pinter2 cari alat2 yang ramah lingkungan. ig: @anggarawx

Sarah Annora ( 2023-04-17 15:19:43 )

Aku mau mulai ke sekolah pakai transportasi umum aja kl gitu. Biar bumi bisa terus lestari. ig@sarahannora

Felicia Larasati ( 2023-04-17 16:39:49 )

Ternyata pemakaianku lumayan banyak juga, walau tiap ke kantor pakai kereta :') aku akan coba kurangi makan daging karena ternyata dia menyumbang emisi yg cukup signifikan!

Felicia Larasati ( 2023-04-17 16:54:49 )

Ig: r.f.larasati

Fikri Faza ( 2023-04-17 18:04:26 )

Menurutku, sangat penting untuk mengurangi emisi karbon untuk membantu bumi pulih dari peningkatan suhu bumi, meningkatnya permukaan laut, dan meningkatnya kebakaran hutan. IG: @pikrayy

Dianti Kurnianingrum ( 2023-04-17 19:49:07 )

Wah, 9 bulan terakhir aku bener2 mengurangi aktivitas di luar karena fokus merawat bayi. Pergi main pun hanya di sekitar lingkungan tinggal. Jadi kebutuhan berkendara berkurang sangat drastis. Ada positif nya juga yah, jadi minim karbon IG DAN TWITTER: @diantikanin
 

© Copyright 2021, All right reserved by IESR


Loading ...