Ular Tangga Jejakkarbonku di Festival Alun-Alun Eropa

Administrator
0 Comments
2023-05-17

Dua pekan lalu, Jejakkarbonku dan Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit GmbH atau GIZ ikut meramaikan Festival Alun-Alun Eropa di Gelora Bung Karno. Sebuah Festival yang diselenggarakan oleh Uni Eropa, sebagai bagian dari perayaan Hari Eropa (Europe Day), yang merupakan ‘hari nasional’ Uni Eropa.


Festivalnya cukup seru dan didatangi banyak pengunjung. Jejakkarbonku berikan pengalaman seru untuk mengedukasi tentang emisi dan jejak karbon lewat permainan ular tangga. Banyak juga pengunjung yang ikut meramaikan permainan ular tangga. Mulai dari anak-anak sampai orang tua sangat antusias memainkan permainan dalam kelompoknya. 


Permainan ular tangga ini bisa dimainkan dengan 2-5 orang dalam satu kelompok. Mereka diminta untuk melemparkan dadu dan berjalan di atas blok sesuai dengan nomor dadu yang didapat. Kemudian peserta yang berada dalam blok tantangan akan mendapatkan tambahan skor jika berhasil menjawab pertanyaan. Tapi ada juga blok jebakan. Peserta yang berada di blok ini akan turun ke nomor yang lebih kecil karena tidak menghemat energi. Dalam permainan ini, pengunjung bisa bermain dan teredukasi tentang jejak karbon dan energi terbarukan. 


Gak cuma itu, Jejakkarbonku juga memberikan sosialisasi untuk mengetahui jejak karbon kepada pengunjung melalui scan barcode kalkulator jejak karbon. Ada sekitar 100 an orang pengunjung yang mampir untuk berinteraksi dengan tim Jejakkarbonku.id. Dari banyaknya jumlah pengunjung datang ke booth, ada juga baru mengetahui aktivitas jejak karbon mereka setelah melakukan penghitungan. 


Mereka cukup antusias untuk menanyakan aktivitas harian mereka, dan penggunaan kendaraan atau alat-alat rumah tangga yang menyumbang jejak karbon. Selain itu, para pengunjung juga terlihat bersemangat dalam memainkan permainan rumah tangga secara berkelompok. 


Jejakkarbonku.id merupakan alat penghitung emisi/jejak karbon berbasis platform. Masyarakat bisa mulai rutin menghitung aktivitas jejak karbon harian mereka dengan simpel dan mudah melalui platform ini. Sehingga kedepannya, masyarakat bisa mengukur tingkat pengurangan karbon harian mereka sehari-hari. Kamu juga bisa menghitung jejak karbonmu di https://jejakkarbonku.id/kalkulator  



Artikel Yang Berhubungan



Podcast



Video



Tags

Share

0 Komentar

 

© Copyright 2021, All right reserved by IESR


Loading ...