Kurangi Karbon, Tanami Pohon - Aidah Rahmah Zahrani - Poster

Administrator
0 Comments
2023-07-06

Kurangi Karbon, Tanami Pohon


Bumi yang kita pijak ini semakin lama kondisinya semakin memprihatinkan, penggunaan banyak bahan bakar fosil, pembakaran minyak bumi, konsumsi listrik berlebih, pembuangan polusi kendaraan dan industri dapat menghasilkan karbon sebagai pemicu utama terjadinya pemanasan global. Karbon yang dilepaskan ke atmosfer disebut dengan emisi karbon. Emisi karbon yang berlebih dapat menyebabkan pemanasan global yang berdampak pada peningkatan suhu di bumi, kebakaran hutan, mencairnya es di kutub, naiknya permukaan air laut dan hal berbahaya lainnya.


Salah satu upaya untuk mengurangi emisi karbon adalah dengan mengontrol dan mengurangi jumlah karbon yang kita keluarkan pada aktivitas sehari-hari, melalui kalkulator jejak karbon kita bisa menghitung jumlah karbon yang kita keluarkan lho!Kalkulator ini berupa software yang dapat menampilkan jumlah karbon yang dikeluarkan dari aktivitas dan konsumsi elektronik yang telah kita lakukan. Kita hanya perlu memasukkan variabel jumlah satuan elektronik yang digunakan dan lamanya waktu penggunaan, contohnya kita bisa menghitung jumlah karbon yang dikeluarkan satu AC yang digunakan seharian penuh.


Walaupun menghitung karbon terlihat mudah dan tidak terlalu berpengaruh apapun pada pengurangan emisi karbon. Namun menghitung karbon sangatlah penting supaya kita sadar akan betapa bahayanya dampak dari pemanasan global dan bisa bertanggung jawab pada bumi. Dengan kalkulator jejak karbon kita juga bisa melakukan tebus karbon. Tebus karbon adalah salah satu upaya yang kita lakukan untuk “mengganti” jejak karbon dengan “menyerapnya” dengan memanfaatkan pohon sebagai salah satu bahan fotosintesis.


Artikel Yang Berhubungan



Podcast



Video



Tags

Share

0 Komentar

 

© Copyright 2021, All right reserved by IESR


Loading ...