Dimas Hidayatullah - @dimas_san29 - Reels

Administrator
0 Comments
2023-07-08

Pemanasan Global ukan karena usia bumi yang kian menua namun tak lain dan tak bukan oleh ulah umat manusia itu sendiri yang membuat bumi semakin memanas.

Faktanya Suhu permukaan global 1,09C lebih tinggi dalam sepuluh tahun antara 2011-2020 dibandingkan 1850-1900. Kenaik suhu ekstrim ini juga berdampak pada permukaan es di kutub utara dan selatan yang mencair sehingga mengakibatkan naiknya permukaan air laut. Dampak nyata dapat kita lihat di daerah Jakarta Utara dari sebuah masjid wal adhuna yang tenggelam.

Kejadian-kejadian tersebut kerena adanya pemanasan global yang bersumber dari gas emisi karbon. Energi yang kita gunakan saat ini dalam kehidupan sehari-hari bersumber dari bahan fosil seperti batu bara dan minyak bumi, yang dimana dalam prosesnya untuk di jadikan sebuah energi menghasillan 58% di tahun 2030. Tentu penggunaan energi tidak dapat di pisahkan oleh masyarkat, cita-cita negara net zero emision di tahun 2060 sedang dilaksanakan oleh kerena itu pemerintah Indonesia mulai bertahap bertransisi menggunakan sumber energi terbarukan.

Selain upaya yang digerakan oleh pemerintah kita sebagai makhluk sosial juga harus turut andil.

1. Hemat Energi

Saat ini sumber energi kita masih berasal dari pembakaran fosil sperti batu bara. Berhemat energi dapat kita terapkan dimana saja contohnya pada saat selesai menggunakan alat elektronik seperti kipas angin, charger dan mesin cuci lebih baik di cabut colokanya dari terminal sehingga tidak ada lagi energi listrik yang terbuang sia-sia

2. Transportasi Umum

Memanfaatkan transportasi umum saat mobilitas tentu akan menekan jejak karbon yang bertebaran, semakin ramai masyarakat menggunakanya semakin kecil pula jumlah emisi karbon yang disebabkan oleh asap kendaraan.

3. Mengurangi Food Waste

Sampah sisah makanan yang dibiarkan saja dapat menghasilkan gas emisi karbon, dan Indonesia masuk ke dalam top 3 food waste tertinggi pada global. Selaim mengelolah dan belanja makanan secara cukup, melakukan metode lubang resapan biopori juga menjadi solusi bagus. Hasilnya dapat berupa pupuk yang dapat digunakan untuj tanaman, dan juga tanah menjadi subur.


#jejakkarbonku.id

#iesr

#generasienergibersih


#jejakkarbonku.id #iesr #generasienergibersih

LINK REELS



Artikel Yang Berhubungan



Podcast



Video



Tags

Share

0 Komentar

 

© Copyright 2021, All right reserved by IESR


Loading ...